Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Apa saja jenis - jenis jaringan wireless

 

Apa saja jenis - jenis jaringan wireless

Kemajuan teknologi membawa kita pada era konektivitas yang sangat luas. Salah satu aspek yang mempermudah konektivitas ini adalah jaringan wireless. Jaringan wireless adalah suatu jaringan yang memungkinkan kita untuk terhubung ke internet atau jaringan lokal tanpa menggunakan kabel fisik. Berikut adalah beberapa jenis jaringan wireless dan fungsinya.


Wi-Fi (Wireless Fidelity)

Wi-Fi adalah jaringan wireless yang paling banyak digunakan dan dikenal. Wi-Fi memungkinkan perangkat kita untuk terhubung ke internet atau jaringan lokal melalui access point (AP) atau router. Wi-Fi memiliki jarak jangkauan hingga ratusan meter dan memungkinkan banyak perangkat untuk terhubung secara bersamaan.


Bluetooth

Bluetooth adalah jaringan wireless yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat kecil seperti headset, speaker, atau smartwatch. Bluetooth memiliki jarak jangkauan yang terbatas, sekitar 10 meter, dan memungkinkan hanya beberapa perangkat untuk terhubung pada saat bersamaan.


Zigbee

Zigbee adalah jaringan wireless yang digunakan untuk menghubungkan perangkat Internet of Things (IoT) seperti smart home devices. Zigbee memiliki jarak jangkauan yang terbatas, sekitar 10-100 meter, dan memungkinkan banyak perangkat untuk terhubung pada saat bersamaan.


Cellular Network (4G, 5G)

Cellular network adalah jaringan wireless yang digunakan oleh ponsel dan tablet untuk terhubung ke internet. 4G dan 5G adalah generasi terbaru dari jaringan seluler yang menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi dan kualitas koneksi yang lebih baik.


NFC (Near Field Communication)

NFC adalah jaringan wireless yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan dan pertukaran data pada jarak dekat, sekitar 4 cm. NFC memungkinkan kita untuk membayar belanjaan dengan menempelkan ponsel ke mesin pembayaran.


Infrared Data Association (IrDA)

IrDA adalah jaringan wireless yang digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti ponsel atau kamera digital dengan perangkat lain seperti printer. IrDA memiliki jarak jangkauan yang terbatas, sekitar 1 meter, dan hanya memungkinkan satu perangkat untuk terhubung pada saat bersamaan.


Satellite Communication Network

Satellite communication network adalah jaringan wireless yang menggunakan satelit sebagai jaringan utama untuk terhubung ke internet. Jaringan ini sangat berguna bagi daerah yang terpencil atau tidak tercover oleh jaringan internet lain.


WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)

WiMAX adalah jaringan wireless yang digunakan untuk memberikan akses internet berkecepatan tinggi pada jarak jauh, sekitar 50 km. WiMAX memungkinkan banyak perangkat untuk terhubung pada saat bersamaan.


Mobile Ad Hoc Network (MANET)

MANET adalah jaringan wireless tanpa jaringan utama yang memungkinkan perangkat untuk saling terhubung satu sama lain. Jaringan ini berguna bagi daerah yang tidak memiliki jaringan internet atau jaringan lokal yang stabil.


Wireless Personal Area Network (WPAN)

WPAN adalah jaringan wireless yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat kecil seperti keyboard, mouse, atau game controller. WPAN memiliki jarak jangkauan yang terbatas, sekitar 10 meter, dan hanya memungkinkan satu perangkat untuk terhubung pada saat bersamaan.


Dengan banyaknya jenis jaringan wireless yang tersedia, kita dapat memilih jaringan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jaringan wireless mempermudah konektivitas kita dan membantu menyederhanakan hidup kita dengan menghilangkan ketergantungan pada kabel fisik.


#Apa saja jenis - jenis jaringan wireless

Posting Komentar untuk "Apa saja jenis - jenis jaringan wireless"